082186148884 , Jual Genteng Beton di Malang , Jual Genteng Beton Malang , Penutup Atap

Penutup Atap

Apa yang anda rasakan bila tinggal di rumah dengan plafon rumah yang belang-belang akibat bocor dari atap saat turun hujan? Apa juga yang anda rasakan bila melihat penampilan rumah kurang asri akibat bentuk atapnya kurang menarik? Tentu saja jawabnya adalah sangat menjengkelkan, bahkan akan timbul rasa penyesalan.

Atap merupakan salah satu bagian dari kenyamanan sebuah rumah. Bentuk atap yang manis, dipasang dengan benar, dan ditambah pemilihan bahan material yang tepat mampu menciptakan keindahan dan kenyamanan sebuah rumah Itulah rumah yang diidam-idamkan setiap orang.

Hingga saat ini sudah sangat beragam bentuk atap yang dapat dijumpai, mulai dari yang paling sederhana dengan bentuk pelana hingga bentuk perisai, limasan, dan bahkan perpaduan antara bentuk-bentuk tersebut. Beragamnya bentuk atap ini pasti membuat anda kebingungan memilihnya. Namun, yang pasti adalah pemilihan bentuk tergantung pada keinginan dan selera. Walau demikian, faktor bentuk badan rumah harus menjadi bahan pertimbangan sebelum menentukan model atap. Jangan dipaksakan suatu model atap dengan bentuk badan rumah yang tidak sesuai karena akan banyak dana yang harus dikeluarkan untuk perawatan.

  1. Genteng

Berdasarkan bahan bakunya, genteng dibedakan menjadi dua, yaitu genteng tanah dan genteng beton. Bahan dasar pembuatan genteng tanah adalah tanah liat yang dicetak baik secara manual (dengan tangan) atau menggunakan mesin press yang kemudian dibakar sampai sempurna. Sementara gentengbeton terbuat dari campuran pasir atau abu batu dengan semen yang dicetak menggunakan mesin.

Genteng beton

Di pasaran genteng beton memiliki banyak model dan warna, mulai dengan model lekukan sampai model rata atau flat. Warnanya pun bervariasi dari cokelat, biru, hijau, hingga kombinasi 2-3 warna dalam satu genteng. Bahan baku pembuatan genteng beton ini adalah campuran semen, pasir, bahan pengikat,bahan penguat, dan bahan pewarna.

Dalam penggunaannya,banyak konsumen ragu terhadap genteng beton karena ukuran dan berat genteng cukup besar. Padahal dengan berat 4-4,2 kg per buah. Namun, dengan isi 9-10 buah/m2 maka berat genteng ini dianggap cukup ringan dibanding genteng keramik. Berat genteng beton ini antara 38-42 kg/m2, sedangkan genteng keramik sekitar 45 Kg/m2.

Rangka Atap

Rangka atap sebuah bangunan terdiri dari atas gording, kaso dan usuk, reng, lisplank, jurai luar,jurai dalam, serta jurai talang.

  1. Gording

Gording merupakan balok kayu berukuran tertentu yang diletakan di atas kuda-kuda dengan jarak tertentu. Gording berfungsi sebagai dudukan kaso dan reng. Bila menggunakan penutup atap genteng beton, sebaiknya kayu yang digunakan untuk gording berukuran 8cm x 12cm.Perletakan antar gording tidak lebih dari 1,5 m. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi lendutan pada kaso dan reng.

  1. Kaso atau usuk

Kaso atau usuk merupakan balok kayu yang diletakan di atas gording. Kaso atau usuk ini berfungsi sebagai dudukan reng. Jarak antar kaso atau antar usuk adalah 35-50cm, tergantung ukuran kayu dan jenis penutup atap yang digunakan. Jenis kayu yang dapat digunakan sebagai kaso atau usuk seaiknya berukuran 4cm x 6cm dan 5cm x 7cm.

  1. Reng

Reng merupakan batangan kayu berukuran 2cm x 3cm atau 3cm x 4cm yang dipasang di atas kaso. Reng ini berfungsi sebagai dudukan penutup atap. Jarak antar reng tergantung pada jenis penutup atap yang akan digunakan.

  1. Lisplank

Lisplank merupakan bahan untuk menyangga genteng bagian bawah yang dipasang di ujung kaso bagian bawah atau ujung kaso bagian pinggir pada atap berbentuk pelana dan memakai sopi-sopi. Selain sebagai penahan genteng, lisplank juga berfungsi sebagai pemanis atau aksen dari sebuah atap.

  1. Jurai luar

Jurai luar merupakan pertemuan antar gording yang miring dan tampak menonjol dari luar.

  1. Jurai dalam

Jurai dalam meruakan balok kayu yang diletakan miring menghadap ke dalam. Jurai dalam ini berfungsi sebagai pertemuan dan tumpuan antara balok gording dengan balokgording lainnya serta dudukan papan talang.

  1. Jurai talang

Jurai talang merupakan talang yang menumpu pada balok jurai dalam dan diletakkan miring menghadap ke dalam.

Contact person :

Nadiyah

Jln. Raya Kedawung 99 Ngijo Karangploso Malang

Mobile : 0821 8614 8884 (SIMPATI / WHATSAPP)

Website : http://www.jualgentengbeton.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>